Monday, November 12, 2012

Sayang duit :)

Assalammualaikum..

lagi mau sotoy nih..ga tau dapet wangsit dari mana tiba2pengen bahas soal duit. Mungkin dilatar belakangi oleh sifat boros saya yang ampuuun..gak patut dicontoh.

Okeh, kita mulai bahas soal si duit ini. Setuju gak sama statement yg bilang bahwa berapapun besarnya duit yg kamu pegang itu gak bakal terasa cukup, karena keinginan kita pasti akan semakin banyak seiring banyaknya uang yg kita punya. Kalo saya, setuju, karena itulah yg saya rasakan.Keinginan buat beli ini dan itu kyknya susah banget dibendung.

Ternyata e ternyata, semua itu ya karena kebiasaan buruk kita yg selalu menyepelekan arti uang. Gak setuju??masak sih? tuh buktinya gak bisa ngatur uang..hehehe..klo gak menyepelekan artinya,sayang, klo sayang artinya tau bagaimana harus menjaganya..ya kan?gimana cara menjaganya?ya tentunya dengan memperlakukakan alias membelanjakan uang hanya untuk yg perlu saja.sisanya ya ditabung donk...

Pasti bilang, aah susah buat nabung! sebenernya sih gak susah2 amat, cuma perkara, mau apa enggak aja. "lha gmn mau nabung,org ini aja krg" hadeeuh itu statement pembelaan doank ceuu..pembelaan dari keinginan beli ini dan itu yg mgkn gak perlu2 amat. padahal ada kok cara simple yg bisa kita lakuin, nih contohnya..tiap kali berbelanja menggunakan cash, pastinya sering donk kita menerima kembalian, nah coba masukin setiap kembalian itu ke dalem dompet khusus dan begitu sampe rumah nanti, pindahin deh ke celengan. lakukan ini terus, gak terasa sebenernya dalam sebulan kita mampu kok nabung.

Selanjutnya, klo itu udah rutin dilakuin jangan langsung seneng. tingkatin lagi donk skala nabungnya, misalnya jangan lagi dari duit kembalian tp lgsg tersadar begitu dapet gaji langsung pindahin ke rekening tabungan khusus yg gak boleh diambil2. berhasil dengan itu? jangan lagi seneng dulu..uang yg di tabungan khusus itu udah lumayan, yuk mari investasi-in dengan lebih terencana supaya hasilnya juga jadi lebih nyata. Salah satunya bisa dengan reksadana. Apa dan gimana itu?insya Allah selanjutnya saya akan coba bahas gimana caranya investasi di reksadana.

Intinya, yuk mari memotivasi diri sendiri buat rajin2 menabung..banyak cara dan yg pasti banyak manfaatnya.
Insya Allah. :))


No comments:

Post a Comment